Sabtu, 19 November 2011

Binatang Mirip Reptil Pemakan Dinosaurus

Binatang Mirip Reptil Pemakan Dinosaurus

Peneliti menemukan hewan mirip reptil dengan panjang dua kali mobil SUV, pemakan kura-kura serta dinosaurus. Hal itu terlihat dari bekas gigitan serta kotoran yang ada.

Reptil raksasa yang disebut Deinosuchus ini memiliki tinggi 29 kaki (sekitar 9 meter) dan kemungkinan pernah mendiami pantai sekitar Georgia, Amerika Serikat sekitar 79 juta tahun yang lalu.

Meskipun hewan ini tidak benar-benar mirip dengan reptil, mereka berada di antara kelompok buaya dengan aligator (meskipun mirip, kedua binatang ini merupakan spesies yang berbeda).

Di lain pihak, penemuan ini menunjukkan bahwa mengukur dinosaurus adalah hal sulit.

“Kami yakin Deinosuchus makan banyak kura-kura laut, tetapi jelas bahwa mereka juga mengkonsumsi dinosaurus,” ujar David Schwimmer, ahli paleontologi yang baru saja menyelesaikan 2 penelitiannya mengenai reptil raksasa.

Satu diantaranya bersama dengan muridnya, Samantha Harrell.

Tim ini menganalisis berbagai spesies dari dinosaurus dan kura-kura laut, bersama dengan gigi reptil tersebut yang kebanyakan patah di ujung.

Schwimmer menyebutkan bahwa patahan ini mungkin disebabkan makanan yang keras, seperti materi tulang.

“Mereka memiliki gigi tebal yang tumpul, berkembang seperti topi kecil, terutama gigi bagian belakang,” ujar Schiwimmer.

Beberapa tulang dari dinosaurus menunjukkan bekas gigitan, termasuk tubuh bagian belakang dari dinosaurus yang ditemukan di sebelah selatan Amerika Serikat dan tulang kaki dari dinosaurus karnivora yang tersimpan di museum New Jersey.

“Tulang kaki mereka seperti habis dikunyah, dan bukan tampak seperti kunyahan biasa, melainkan seperti anjing yang baru saja menggigitnya,” kata Schwimmer. “Ini kemungkinan hasil dari gigitan reptil tersebut.”

Bekas gigitan yang sama juga ditemukan di kulit kura-kura.

Fosil kotoran dikumpulkan di sepanjang tepi Hannahatchee Creek di Stewart Country anak sungai utama Sungai Chattahoochee, di Georgia. Analisis kotoran ini memberikan kesimpulan yang mendukung mengenai pemangsa predator ini.

dikupas dari :inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar